Aditya Denny Pratama, SST.FT., M.Fis.

Program Studi: Fisioterapi
Kepakaran: Fisioterapi

Aditya Denny Pratama, S.ST.Ft., M.Fis., lahir di Ngawi, 5 Agustus 1988, telah menyelesaikan pendidikan Diploma III pada program studi Fisioterapi, Fakultas Kedokteran, Universitas Indonesia pada tahun 2009. Denny kemudian melanjutkan pendidikan Diploma IV pada program studi Fisioterapi, Universitas Binawan pada tahun 2011 sebagai lulusan terbaik dengan predikat cumlaude. Denny melanjutkan studi magisternya di Universitas Udayana, Bali pada program studi Fisiologi Olahraga dan berhasil lulus pada tahun 2015.

Denny memulai karier sebagai Dosen Vokasi Tahun 2013, Denny bergabung menjadi dosen luar biasa di Program Pendidikan Vokasi, Universitas Indonesia. Hal ini ia lakukan sebagai bentuk dedikasinya mengabdi kepada Almamater dan berbagi pengalaman di klinisi. Setelah menyelesaikan program magisternya, Denny bergabung sebagai calon dosen tetap pada program studi Fisioterapi Vokasi UI. Tahun 2019 Denny menjadi dosen tetap di program studi Fisioterapi Vokasi UI. Denny pun aktif bergabung dalam Asosiasi Profesi, yaitu Ikatan Fisioterapi Indonesia (IFI).

Denny telah banyak mengikuti simposium, seminar serta pelatihan yang terkait dengan keilmuan Fisioterapi baik Nasional maupun Internasional. Denny, beberapa kali menghadiri kongres tingkat internasional, yaitu Asian Confederation of Physical Therapy (ACPT) Congress di Bali tahun 2010 dan World Confederation Physical Therapy (WCPT) Congress di Singapura pada tahun 2015. Ketertarikannya terhadap Neurosains, membuat Denny banyak mengikuti seminar dan pelatihan Internasional mengenai penanganan Fisioterapi pada Neurologi khususnya Stroke dengan konsep Bobath, Feldenkrais, dan Neuro Muscular Tapping (NMT). Denny mendalami kepakaran di bidang Fisioterapi yang ditunjunjukkan dengan sertifikasi kompetensi yang dimilikinya, yaitu Certified Human Capital Manager dan Certified Hipnoterapi yang diperoleh pada tahun 2019. Pada tahun 2012, Denny memperoleh Certified Bobath Basic Course. Certified Akupunktur diperoleh Denny pada tahun 2011. Tidak hanya itu saja, Denny pun memperoleh Certified Neuromuscular Taping Teacher & Practicioner pada tahun 2016 Untuk mengimplementasikan kepakarannya, Denny mengikuti berbagai kegiatan pengabdian masyarakat, antara lain Meningkatkan Kualitas Hidup Anak-anak Penyandang Lumpuh Otak (Cerebral Palsy) di Paguyuban Keluarga Disabilitas Bojongsari-Depok (Studi Kasus di Desa Curug Kecamatan Bojongsari Kabupaten Kota Depok) dan Meningkatkan Kualitas Hidup Masyarakat dengan deteksi dini stroke dan pencegahan penyakit degeneratif melalui penerapan pemeriksaan dasar Fisioterapi dan Terapi Latihan yang dilaksanakan pada tahun 2020. Tahun 2019, Denny mengikuti dua rangkaian pengabdian masyarakat, yaitu Meningkatkan Kemampuan Asuh Tenaga Pendidik terhadap Anak Berkebutuhan Khusus Berbasis Fisioterapi dan Okupasi Terapi (Studi Kasus Di SLB Nusantara Berasrama di Kota Depok Propinsi Jawa Barat) dan Melatih Kemandirian Remaja Berkebutuhan Khusus Berdaya Ekonomi Kreatif. Sedangkan pada tahun 2018, diadakan pengabdian masyarakat Meningkatkan Kualitas Hidup Anak-Anak Penyandang Lumpuh Otak (Cerebral Palsy) di Panti Asuhan Heesu “Cahaya Cinta” (Studi Kasus di Desa Setusari Kecamatan Cilungsi Kabupaten Sukabumi Propinsi Jawa Barat).

Publikasi Nasional:

  • 2020, Penggunaan Neurodevelopmental Treatment pada Kasus Dandy Walker Syndrome, Jurnal Sosial Humaniora Terapan 3 (1)
  • 2019, Plyometric Exercise dapat Meningkatkan Speed Lebih Baik Dibandingkan Warm-Up pada Pemain Sepak Bola Muda Amatir, Jurnal Vokasi Indonesia 7 (1)
  • 2019, Intervensi Fisioterapi pada Kasus Osteoartritis Genu Di RSPAD Gatot Soebroto, Jurnal Sosial Humaniora Terapan 1 (2)
  • 2018, Penatalaksanaan Fisioterapi pada Kasus Post Amputasi Transtibial Sinistra Akibat Chronic Limb Ischemia di RSPAD Gatot Soebroto, Jurnal Vokasi Indonesia 6 (2)

Publikasi Internasional:

  • 2019, How Does the Neuromuscular Taping Application Contribute to Reduce Hand Spasticity in Stroke Condition?, Prosiding Book International Symposium on Neuromuscular Taping
  • 2019, Application of Neuromuscular Taping on Temporomandibular Joint Disorders (Case Study), Prosiding Book International Symposium on Neuromuscular Taping
  • 2018, The Infulence of Indonesia Diabetes Gymnastics Series 6 on Glucose Tolerance Test Result, Prosiding ICHVE ke-3
X