Anisatul Auliya, SST.Par., M.Par.

Program Studi: Manajemen Bisnis Pariwisata
Kepakaran: Kepariwisataan

Anisatul Auliya, S.ST.Par., M.Par., lulus sebagai sarjana terapan di Program Studi Usaha Perjalanan Wisata, Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti pada tahun 2011. Kemudian, ia melanjutkan studinya di kampus yang sama di Program Studi Pariwisata dan berhasil mendapatkan gelar magisternya pada tahun 2013. Selain itu, Auliya juga merupakan salah satu penerima Beasiswa Unggulan Program Sarjana dan Beasiswa Unggulan Program Magister yang diselenggarakan oleh Biro Perencanaan dan Kerjasama Luar Negeri, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang bekerja sama dengan Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti masing-masing pada tahun 2007 dan 2011.

Sebelum merambah di dunia pendidikan, Auliya sebelumnya pernah magang dan kemudian bekerja di Weddingku.com sebagai honeymoon consultant pada tahun 2011 dan di bagian travel department di Varatrip.com pada tahun 2012. Pekerjaan ini ia lakukan sembari menjalankan studi magisternya.

Wanita kelahiran Lampung, 13 Mei 1990 ini mulai mengajar sebagai dosen untuk mahasiswa program diploma tiga Perhotelan Akademi Pariwisata Pertiwi sejak tahun 2013 sampai dengan 2018. Kemudian, ia mulai bergabung sebagai dosen tetap di Program Studi Pariwisata, Program Pendidikan Vokasi, Universitas Indonesia pada tahun 2019.

Auliya memiliki kepakaran di bidang Kepariwisataan dan memiliki sertifikat Asesor Kompetensi. Ia juga tergabung dalam beberapa asosiasi profesi, seperti Himpunan Lembaga Pendidikan Tinggi Pariwisata Indonesia (HILDIKTIPARI), Ikatan Cendikiawan Pariwisata Indonesia (ICPI), dan Asosiasi Profesi Dosen Vokasi Indonesia (APDOVI).

Selain itu, Auliya juga aktif dalam kegiatan penulisan yang sudah banyak terpublikasi sejak tahun 2014 hingga sekarang. Ia juga merupakan penerima hibah penelitian dosen pemula dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi untuk publikasi dengan judul Tourist Attraction Development Model In 5 (Five) Museums In Jakarta pada tahun 2017 dan Model Of Tourism Destination Development Tegal Case Study, Central Java pada tahun 2018. Pada tahun 2020, Auliya turut berpartisipasi dalam kegiatan pengabdian masyarakat Webinar: Special Interest Tourism, Ecotourism, Dark/Ghost Tourism, Youth and Voluntourism.

Publikasi:

  • 2020, The Application of HACCP (Hazard Analysis Critical Control Point) in Food Production Department, Jurnal Sosial Humaniora Terapan, Vol. 2 No. 2
  • 2019, Strategi Perencanaan Pariwisata Perkotaan Menggunakan SOAR Model: Studi Kasus Kota Depok, Jawa Barat, Jurnal Hospitality dan Pariwisata Vol. 5 No. 2
  • 2019, Model Of Tourism Destination Development Tegal Case Study, Central Java, Jurnal Hospitality dan Pariwisata Vol. 5 No. 1
  • 2019, Analisa Penerapan Standard Operating Procedures (SOP) Pramusaji Di Instalasi Gizi RS XYZ, Jurnal Pesona Hospitality Vol. 12 No. 2
  • 2018, Pengaruh Proses Rekrutmen dan Seleksi Terhadap Kinerja Karyawan Di The Acacia Jakarta, Jurnal Pesona Hospitality Vol. 11 No. 1
  • 2018, Model Pengembangan Atraksi Wisata 5 (Lima) Museum Di Jakarta, Jurnal Hospitality dan Pariwisata Vol. 4 No. 1
  • 2017, Strategi Pengembangan Ekowisata Berbasis Masyarakat Di Pulau Pahawang, Jurnal Pesona Hospitality Vol. 10 No. 1
  • 2017, Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Di Restaurant Sailendra Hotel JW Marriott Jakarta, Jurnal Hospitality dan Pariwisata Vol. 3 No. 2
  • 2016, Pengaruh Hygiene Pengolahan Makanan Terhadap Kualitas Makanan Di Hotel Aston Rasuna Jakarta, Jurnal Hospitality dan Pariwisata Vol. 2 No. 2
  • 2016, Biaya Kuliah, Promosi dan Persepsi Terhadap Keputusan Memilih Perguruan Tinggi Swasta, Jurnal Pesona Hospitality Vol. 9 No. 1
  • 2015, Pengaruh Motivasi Kerja Seorang Petugas Concierge Terhadap Kepuasan Pelanggan di Ambhara Hotel Jakarta, Jurnal Pesona Hospitality Vol. 8 No. 2
  • 2015, Loyalitas dan Kedisiplinan Terhadap Prestasi Kerja Karyawan Di Apartemen Senayan Residence, Jurnal Pesona Hospitality Vol. 8 No. 1
  • 2014, Pentingnya Ragi Untuk Menghasilkan Roti Berkualitas Tinggi Di Sheraton Media Hotel and Towers, Jurnal Pesona Hospitality Vol. 7 No. 2
  • 2014, Pengaruh Penerapan Standard Operationg Procedure Terhadap Kepuasan Pelanggan The Breeze Cafe Gunung Sahari Jakarta Pusat, Jurnal Pesona Hospitality Vol. 7 No. 1

X