Hardika Widi Satria, S.Hum., M.Si.

Program Studi: Periklanan Kreatif
Kepakaran: Komunikasi Pemasaran

Hardika Widi Satria, S.Hum., M.Si., CICS, lahir di Jakarta, 22 Agustus 1988, menyelesaikan pendidikan sarjana di Program Studi Sastra Belanda, Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Universitas Indonesia pada tahun 2010. Ia melanjutkan studi magisternya di tahun 2013 dengan Beasiswa Pendidikan Pascasarjana Dalam Negeri (BPPDN) dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi pada Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Indonesia dan berhasil menyelesaikan studinya pada tahun 2015.

Sebelum bergabung menjadi dosen di Program Pendidikan Vokasi, Hardika pernah menjadi asisten dosen untuk mata kuliah K2N UI (Kuliah Kerja Nyata Universitas Indonesia) pada tahun 2011. Kemudian, ia menjabat sebagai Kepala Departemen Sponsorship dan Service, Yayasan Gugah Nurani Indonesia pada tahun 2012. Hardika melanjutkan kariernya sebagai Staf Perencanaan dan Pengembangan Riset, Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat Universitas Indonesia pada tahun 2013-2015. Setelah menyelesaikan studi magister, Hardika bergabung menjadi dosen di Program Studi Komunikasi, Program Pendidikan Vokasi, Universitas Indonesia.

Hardika memiliki kepakaran di bidang Komunikasi Pemasaran. Salah satu sertifikat kompetensinya yang mendukung kepakarannya adalah Certified International Communication Specialist (CICS). Selain itu, Hardika pernah menjadi reviewer untuk ASEAN Journal of Community Engagement dengan Paper ID ECMY-134 “The Impact of Micro-Scale Solar Power Supply for Rural Households, in Central Kalimantan Province, Indonesia” pada tahun 2018.

Selain melakukan kegiatan penelitian, Hardika juga aktif dalam kegiatan pengabdian masyarakat untuk menerapkan keahlian yang dimilikinya dalam beberapa program seperti; Penerapan Sosialisasi Filosofi UI GreenMetric Dalam Sistem Transportasi Umum UI Melalui Iklan Layanan Masyarakat Digital pada tahun 2020, E-coaching UMKM DWP Provinsi Banten tahun 2020, Vokkom Fest: Event Program Komunikasi Pemasaran Terpadu UMKM Jabodetabek tahun 2019, Metode Penerapan Piko Hidro Sebagai Pembangkit Listrik Mandiri dalam Komunikasi Pembangunan Bagi Masyarakat Di Daerah Terpencil: Studi Kasus Bengkulu di tahun 2017, dan lainnya.

Publikasi:

  • 2020, Youth Social Networking Service (SNS) Behavior in Indonesian Culinary Activity, The Journal of Distribution Science, Vol. 18, No. 4
  • 2018, Diffusing Signage as a Visual Communication in Applied of Pico Hydro Technology in Batu Roto, Bengkulu Province, Indonesia, ASEAN Journal of Community Engagement, Vol. 2, No. 1
  • 2017, Does Brand Love and Brand Image Have a Strong Impact on Word of Mouth? (Evidence from the Indonesian Vocational School), KnE Social Sciences, 320–346, The 2nd International Conference of Vocational Higher Education Proceeding
  • 2017, Brand marketing communications micro, small and medium enterprises (SMEs) in Indonesia (resonance pyramid brand implementation study on radio magno), KnE Social Sciences, 433–451, The 2nd International Conference of Vocational Higher Education Proceeding
  • 2017, Metode Penerapan Piko Hidro Sebagai Pembangkit Listrik Mandiri dalam Komunikasi Pembangunan Bagi Masyarakat Di Daerah Terpencil: Studi Kasus Bengkulu, Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat Perguruan Tinggi 2017
X