Peny Meliaty Hutabarat, S.Sos., M.S.M.

Program Studi: Penyiaran Multimedia
Kepakaran: Marketing Communication dan Brand Management

Peny Meliaty Hutabarat, S.Sos., M.S.M. atau yang biasa disapa Penny Hutabarat, lulus dari Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Indonesia pada tahun 2007. Setelah menyelesaikan studinya, Penny memulai karirnya di PT. Austindo Nusantara Jaya Agri, anak perusahaan PT. Austindo sebagai assistant corporate secretary. Ia kemudian memutuskan untuk melanjutkan studi magisternya di Universitas Indonesia pada Program Studi Ilmu Manajemen, kekhususan marketing communication, Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Ia lulus pada tahun 2012 dengan karya ilmiahnya yang mengangkat topik music & entertainment marketing. Karya ilmiah ini berhasil dipresentasikan dalam konferensi internasional bidang Ekonomi dan Bisnis di Sungkyunkwan University, Korea Selatan dan dipublikasikan tahun 2014 pada South East Asian Management Journal.

Kariernya di bidang Public Relations & Marketing Communication berkembang sejak berkarya sebagai Kepala Hubungan Masyarakat di Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Indonesia pada tahun 2009 sampai dengan 2019. Ketertarikannya pada bidang pengajaran pun telah dimulai sejak tahun 2011. Ia mengajar bidang komunikasi di beberapa universitas, termasuk di Program Pendidikan Vokasi, Universitas Indonesia. Pada tahun 2019, Penny mulai bergabung sebagai dosen tetap di Program Studi Penyiaran Multimedia, Program Pendidikan Vokasi, Universitas Indonesia.

Selain memiliki ketertarikan di bidang pendidikan, ia juga memiliki minat yang tinggi terhadap kesenian khususnya di bidang musik dan tarik suara. Ia telah merilis mini album perdananya berjudul “Bountiful Eyes” pada tahun 2014, yang menandakan debutnya sebagai seorang penyanyi dan penulis lagu. Kegemaran bermusiknya sudah ia tekuni sejak kecil dan berlangsung hingga sekarang. Di bangku kuliah, ia cukup aktif membangun kegiatan seni. Penny Hutabarat ditunjuk menjadi solois Universitas Indonesia sejak pertama kali memulai studinya tahun 2002. Ia diberi kesempatan untuk bernyanyi solo di depan ribuan orangtua dan wisudawan Universitas Indonesia sejak tahun 2002 hingga tahun 2017. Selain itu, ia aktif mengisi acara dalam berbagai seremoni di Universitas Indonesia dan kegiatan-kegiatan lainnya di luar kampus.

Penny juga menginisiasi berdirinya festival ‘Bintang Pop UI’ (BIPOP UI), yang didirikan bersama Drs. A.G. Sudibyo, M.Si dan The Professor Band pada tahun 2005. Festival menyanyi ini menjadi program resmi tahunan di bawah Direktorat Kemahasiswaan, dari tahun 2005 hingga tahun 2017. Penny masih aktif menjadi juri vokal dan membina talenta-talenta seni. Tidak berhenti sampai disitu, bersama Bapak A.G. Sudibyo, ia juga membangun kembali Paduan Suara FISIP UI yang sempat lama vakum dan mendirikan Vocademia Universitas Indonesia. Bersama Vocademia UI, Bapak A.G. Sudibyo & Penny Hutabarat membawa misi budaya Indonesia ke Eropa Timur dan berhasil meraih Gold Medal di Busan International Choral Festival & Competition, Korea Selatan tahun 2015.

Penny memiliki kepakaran di bidang Marketing Communication dan Brand Management. Ia pun juga memiliki sertifikasi Brand Management. Penny juga merupakan penerima penghargaan Best Presenter dalam kegiatan Seminar Nasional Teknologi Terapan 2020 (SNTT 2020). Selain itu, ia juga aktif dalam kegiatan pengabdian masyarakat, salah satunya adalah ‘Bakti Sosial bersama Tim Sukarela Fasilkom UI’ di Panti Sosial Asuhan Anak (PSAA) Tarbiyatul Yatama/ Nurul Yakin (Ciampea, Bogor) dan PSAA Bhakti Kasih (Bondonga, Bogor) di tahun 2016.

Minatnya pada bidang penulisan juga kian berkembang, khususnya karya tulis pada topik Public Relations, Digital Marketing Communication, dan Music & Entertainment serta kajian bidang eCommerce. Salah satu buku yang akan dipublikasikannya yakni bertema: PR & Marketing Communication di Perguruan Tinggi pada Era Digital.

Publikasi:

  • 2020, Pengembangan Podcast sebagai Media Suplemen Pembelajaran Berbasis Digital pada Perguruan Tinggi, Jurnal Sosial Humaniora Terapan, Vol. 2 No. 2
  • 2014, The Influence of Sponsor Event-Congruence in Sponsorship of Music Festival, The South East Asian Journal of Management (SEAM), Vol. 8 No. 1

 

X